Cari Artikel Di Sini

Minggu, 31 Juli 2011

Mengapa Yoghurt Itu Baik Untuk Kesehatan?


Hmmm..... Kalo bicara tentang yoghurt pasti yang ada dalam pikiran kita adalah rasanya yang masam. Saya bisa memastikan kalo minuman yang satu ini lebih banyak yang suka daripada yang tidak suka(cuma asal prediksi hehe, kalo salah maap ya teman-teman, hehe). Yoghurt dikenal juga sebagai minuman susu fermentasi. Ya, karena yoghurt itu berasal dari susu sapi yang difermentasikan atau dibiakkan(microba). Mau tau lebih lengkap tentang yoghurt, manfaat, serta khasiatnya. Berikut ini akan penulis jelaskan sejelas-jelasnya(mohon maap kalo kurang jelas ya teman, tentu saja kalian bisa bertanya dengan cara berkomentar, makanya jangan lupa komen, hehe).



Photobucket


1. Asal Muasal Yoghurt
Yoghurt ditemukan kira-kira 2000 tahun yang lalu. Menurut wikipedia nih, yoghurt difermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang berada di dalam tas kulit kambing yang digunakan saat bertransportasi. Kombinasi Yoghurt dan Madu sering juga disebut sebagai makanan para dewa. Orang Persia percaya bahwa Abraham(Nabi Ibrahim) berumur panjang karena mengonsumsi teratur Yoghurt. Di laporan penemuan awal Eropa Yoghurt menjadi suatu sejarah klinis Perancis: Yoghurt dapat menyembuhkan orang yang menderita diare parah yang pada saat itu tidak ada dokter dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Wow, ternyata yoghurt ini hebat juga ya, sudah ditemukan beribu-ribu tahun yang lalu dan masih berkhasiat sampe masa sekarang. Nah, mari kita ke pembahasan nomor 2, yaitu mengenai apa si yang menyebabkan berubahnya susu menjadi yoghurt. Tetap semangat ya baca artikel ini.

2. Proses Pembentukan Serta Manfaat
Saya akan mencoba memberikan pembahasan ini melalui pengetahuan biologi yang saya dapatkan semasa sekolah. Bagi yang kurang jelas, silahkan berkomentar aja ya.

Fermentasi adalah suatu bentuk produksi energi dalam sel(disebut juga respirasi) yang berlangsung dalam keadaan anaerob. Bakteri yang ada dalam susu melakukan proses fermentasi ini untuk mendapatkan energi. Bakteri-bakteri ini mengubah gula susu(laktosa) menjadi asam laktat yang mudah dicerna tubuh(suatu protein yang berguna untuk tubuh, terutama saat berolahraga).
Selain asam laktatnya ada lagi ni yang lebih bermanfaat yaitu mikroba-mikroba yang ada di dalam Yoghurt itu sendiri. Mikroba-mikroba itu sendiri bisa dibilang mikroba-mikroba yang baik. Mikroba tersebut berperan dalam proses pencernaan di usus teman-teman. Nah maka dari itu kenapa Yoghurt itu bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan




Ini saya berikan kandungan gizi dalam 100g Yoghurt, maap ya pake bahasa Inggris. Di translate sendiri ya.



Yoghurt, full fat
Nutritional value per 100 g (3.5 oz)
Energy257 kJ (61 kcal)
Carbohydrates4.7 g
Sugars4.7 g (*)
Fat3.3 g
saturated2.1 g
monounsaturated0.9 g
Protein3.5 g
Vitamin A equiv.27 μg (3%)
Riboflavin (Vit. B2)0.14 mg (9%)
Calcium121 mg (12%)
(*) Lactose content diminishes during storage.
Percentages are relative to US recommendationsfor adults.
Source: USDA Nutrient database

Tidak ada komentar:

Posting Komentar