Cari Artikel Di Sini

Selasa, 02 Agustus 2011

Pembuluh Darah Juga Butuh Sehat


Apa itu pembuluh darah?
Pembuluh darah adalah suatu alat yang memfasilitasi pendistribusian darah melalui jantung ke seluruh jantung maupun sebaliknya. Si “kecil” ini bisa dibilang alat tubuh penting karena dialah yang bertanggung jawab atas pendistibusian darah yang di dalamnya terdapat nutrisi, hormon, enzim yang menjalankan seluruh fungsi tubuh kita.


Pertanyaan-pertanyaan yang harus kita tahu?
Seberapa penting kita harus menjaga kesehatan si “kecil” ini? Ya pentinglah, kalo ga ada dia mana mungkin makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh dapat disalurkan ke alat-alat tubuh kita. Terus gimana dong cara menjaga kesehatan alat tubuh yang tidak terlihat ini? Pasti kan susah? Eitss, jangan salah. Untuk menjaganya mudah kok. Tentunya butuh pengorbanan juga. Untuk lebih lanjut, yuk kita liat artikel sehat ini.


Nutrisi Yang diperlukan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah apa saja?

NO(Nitric Oxide)
 Apa itu Nitric Oxide? Menurut J.P. Cooke, NO adalah substansi alamiah yang melindungi pembuluh arteri terhadap pengerasan. Bekerjanya dengan mencegah platelete(trombosit) dan sel pembuluh darah putih melekat ke dinding pembuluh. NO mencegah penuaan pembuluh darah secara cepat. NO juga menekan pertumbuhan abnormal sel pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penebalan pembuluh. Semua proses di atas memberikan kontribusi terhadap terjadinya pengapuran pembuluh darah (arterosklerosis). Molekul ini juga telah mendapat gelar “Molecul of The Year” pada tahun 1992.

Dari mana kita bisa memperolehnya?
Sebenarnya NO dihasilkan dari lapisan endothel pembuluh darah (lapisan terdalam). NO ini dihasilkan oleh endothel yang sehat. Nah, untuk mendapatkan endothel yang sehat kita dapat melakukan diit yang sehat dan olahraga secara teratur. Tentunya asupan nutrisinya harus yang mengandung unsur N(nitrogen) dan O(oksigen). Mudah saja mendapatkannya, hampir semua yang kita makan sehari-hari mengandung unsur itu seperti nasi, kacang-kacangan, buah-buahan, serta sayur-sayuran. Makanan tersebut nantinya akan disintase oleh endothel menjadi NO.
Photobucket


Kesimpulan
Ya itu lah yang bisa saya berikan kepada teman-teman. Saya akan mengambil suatu kesimpulan dari semua ini: Yang pertama, Bagian manapun dari tubuh kita, yang kecil dan besar, yang terlihat dan tidak terlihat adalah mutlak penting dan kita patut mensyukuri dengan menjaganya; Yang kedua, Kunci hidup sehat adalah disiplin dalam waktu. Artinya semuanya ada waktunya, mulai dari makan, tidur, olahraga, d.s.b. Kalo bisa dibilang penulis juga adalah orang yang jauh dari hidup sehat, namun dengan membuat artikel ini penulis menjadi sadar akan kekurangannya(jadi curhat, haha)


Tips
1.       Olahraga Teratur
2.       Banyak makan sayuran dan buah-buahan.
Simpel kan teman-teman. Kunjungi lagi ya artikel sehat lainnya. Salam Banyakinfosehat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar