Cari Artikel Di Sini

Jumat, 12 Agustus 2011

Mengatasi Keterbatasan Air Bersih



Air itu sumber kehidupan !!!

Buat temen-temen yang dirumahnya lagi kekurangan air bersih saya menyediakan beberapa saran yang dapat membantu teman-teman. Gak sulit dan cukup simpel aja kok. Hanya butuh melatih kesiap-siagaan kita aja. Dan beberapa saran berikut ini juga dapat melatih kita lebih siaga jika suatu saat kita kekurangan air. Seperti pepatah mengatakan " Sedia payung sebelum hujan ". Let's cekidot....





1. Bangunlah bak penyimpanan air sementara


Untuk yang satu ini mungkin agak ribet untuk kita-kita yang bukan tukang bangunan. Tapi kita bisa membeli ember besar (kira-kira bisa menampung 50-100 liter lebih air) untuk tempat penyimpanan air bersih sementara. Sewaktu-waktu kalo air dirumah kita padam kan kita punya cadangan air bersih. Jangan lupa ya untuk menutup bak penampungan air tersebut, karena air bersih adalah tempat paling nyaman buat nyamuk-nyamuk bersarang dan menyebarkan penyakit.






2. Sediakan galon air minum
Untuk teman-teman yang suka minum menggunakan air galon pasti punya galon ini. Tapi saya sarankan untuk teman-teman yang ga punya untuk membeli barang ini. Untuk pertama kali biasanya harganya di bawah Rp 50000,00. Galon air ini kan bisa kita isi ulang di depot-depot isi ulang air. Lumayan lah untuk air minum kita ga perlu khawatir lagi. 1 galon penuh kan bisa untuk persediaan sehari keluarga kita.


3. Membuat sumur bor di sekitar rumah
Untuk yang satu ini mungkin agak mahal. Tapi ada sedikit tips ni. Kalau mau buat sumur bor patungan aja sama tetangga sebelah. Toh juga kan untuk keperluan dadakan. Air sumur bor ini cukup efektif untuk kita-kita yang ga mau capek angkat air dari sumur tetangga, hehe.


4. Jangan terlalu banyak membuang-buang air
Ini yang ga boleh kita lupa. Sewaktu kekurangan kita ngerasain tuh namanya seberapa penting air buat kita. Makanya biasakanlah menghemat air bersih. Gunakan air secukupnya untuk MCK. Kalo perlu kalo kita ga terlalu kotor ga usah mandi. Menurut penelitian yang saya dengar, bawha mandi itu baiknya 1 kali sehari.



5. Ini cara menyaring air kotor menjadi air bersih

Berikut saya berikan gambar untuk menyaring air kotor menjadi air bersih yang murah dan cukup sederhana. Silahkan dicoba ya.

















Photobucket













Tidak ada komentar:

Posting Komentar